Berita,  KKN UNSOED 2024

Antusias! Siswa SDN 1 Payung Mengikuti Pembelajaran PHBS Bersama Mahasiswa KKN UNSOED

Perilaku hidup bersih sehat merupakan fondasi utama bagi kesejahteraan individu dan masyarakat. Kebersihan dan kesehatan adalah dua unsur yang saling terkait dan memiliki dampak besar terhadap produktivitas, kualitas hidup, serta keberlanjutan suatu komunitas. Dengan mengedepankan perilaku hidup bersih sehat, kita dapat mencegah berbagai penyakit, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menciptakan lingkungan yang lebih aman.

Salah satu manfaat utama dari perilaku hidup bersih sehat adalah pencegahan penyakit. Praktik menjaga kebersihan diri, seperti mencuci tangan secara teratur, dapat mengurangi risiko penularan penyakit infeksi, terutama pada masa pandemi seperti saat ini. Selain itu, menjaga kebersihan lingkungan sekitar juga dapat mencegah penyebaran penyakit, seperti diare dan demam tifoid. Dengan demikian, perilaku hidup bersih sehat bukan hanya melindungi individu, tetapi juga melibatkan tanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

Tidak hanya mencuci tangan, perilaku hidup bersih juga meliputi kebersihan gigi dan mulut. Mahasiswa KKN UNSOED membimbing siswa SDN 1 Payung bagaimana cara menjaga kebersihan diri, terutama pada kebersihan gigi dan mulut. Melalui pembelajaran interaktif dan diselingi dengan kuiz berhadiah, membuat siswa menjadi antusias dan semangat dalam mengikuti pembelajaran.

Untuk memperkuat pemahaman, mahasiswa KKN UNSOED mengajak siswa langsung untuk mempraktekkan cara mencuci tangan yang baik dan benar menggunakan sabun dan air mengalir. Setiap siswa mencoba mencuci tangan sesuai dengan arahan yang telah diberikan.

Mengakhiri sesi pembelajaran, mahasiswa KKN UNSOED membagikan sikat dan pasta gigi kepada siswa SDN 1 Payung yang telah aktif berpartisipasi. Tidak hanya itu, KKN UNSOED juga memberikan sabun cuci tangan pada tempat tertentu, agar masyarakat dapat mencuci tangan di manapun sedang berada, dan tetap menjaga kebersihan selalu.

Melalui pembelajaran ini, diharapkan siswa tidak hanya mengenal bagaimana cara menjaga kebersihan diri, tetapi juga mampu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan. Selain itu, menjaga kebersihan diri juga harus menjadi bagian dari kebiasaan positif siswa. Dengan mengajarkan kebersihan diri, kita tidak hanya merawat kesehatan saat ini, tetapi juga memberikan bekal penting untuk memastikan senyuman sehat dan riang ceria hingga dewasa kelak.

Secara keseluruhan, perilaku hidup bersih sehat bukan hanya suatu keharusan bagi individu, tetapi juga merupakan investasi dalam pembangunan masyarakat yang tangguh dan berkelanjutan. Dengan menjadikan perilaku hidup bersih sehat sebagai gaya hidup, kita dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan, baik fisik maupun mental, untuk generasi yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *