Berita,  Kesehatan,  KKN UNSOED 2024

Pencegahan Polio – Dusun Karaguman Bersama Mahasiswa KKN UNSOED Gelar Posyandu!

Posyandu, singkatan dari Pos Pelayanan Terpadu, adalah pusat layanan kesehatan masyarakat di tingkat desa atau kelurahan. Posyandu Vaksin Polio menjadi tempat yang strategis untuk menyediakan vaksinasi polio kepada anak-anak balita. Program vaksinasi ini biasanya dilaksanakan secara berkala, sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh pemerintah setempat.

 

Pada kesempatan ini, KKN UNSOED mendampingi kegiatan posyandu di Dusun Karaguman, Desa Payung. Pendampingan ini merupakan inisiatif salah satu program kerja KKN di bidang kesehatan masyarakat. Tim KKN menilai, posyandu sangat penting untuk dilaksanakan, sebab menjadi pondasi kuat kesehatan masyarakat yang dimulai sejak masa anak-anak. 

Posyandu yang dilaksanakan di salah satu rumah warga ini memiliki alur pelaksanaan yang dimulai dari pendataan peserta posyandu, kemudian dilakukan pengukuran berat badan dan tinggi badan. Lantas di akhir sesi posyandu akan diberikan vaksin polio. Kemudian, untuk memberikan asupan gizi tamabahan, kegiatan posyandu juga memberikan telur puyuh kepada peserta posyandu.

Posyandu Vaksin Polio memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan anak-anak dari ancaman serius penyakit polio. Polio, atau poliomyelitis, adalah penyakit menular yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen pada anak-anak jika tidak diatasi dengan cepat dan efektif. Oleh karena itu, upaya pencegahan melalui vaksinasi di Posyandu Vaksin Polio menjadi langkah krusial dalam melindungi generasi penerus dari dampak negatif penyakit ini.

Upaya vaksinasi di Posyandu tidak hanya melibatkan pemberian vaksin polio saja, tetapi juga pemeriksaan kesehatan orang tua balita dan memberikan pemahaman kepada orang tua atau wali tentang pentingnya vaksinasi ini. Edukasi mengenai manfaat vaksinasi polio, cara pelaksanaan, dan efek samping yang mungkin timbul adalah bagian penting dari program ini. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang cukup kepada masyarakat agar mereka dapat aktif berpartisipasi dalam menjaga kesehatan anak-anak mereka.

Dengan melibatkan Posyandu dalam program vaksinasi polio, pemerintah dan instansi kesehatan berharap dapat mencapai cakupan vaksinasi yang lebih luas. Dengan demikian, potensi penyebaran virus polio dapat ditekan secara signifikan, membawa dampak positif terhadap kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

Posyandu Vaksin Polio tidak hanya berperan sebagai penyedia vaksin, tetapi juga sebagai pusat informasi kesehatan yang dapat diandalkan oleh masyarakat. Dengan adanya kerjasama yang baik antara pemerintah, petugas kesehatan, dan masyarakat, diharapkan program vaksinasi polio di Posyandu dapat menjadi langkah efektif dalam menciptakan generasi yang sehat dan bebas dari ancaman penyakit polio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *