Uncategorized

Meriahkan HUT Pemalang – UMKM Keripik Barokah Desa Payung Bersama KKN UNSOED Ikuti Expo!

Merayakan hari jadi Kabupaten Pemalang yang ke-449, Pemkab mengadakan Expo UMKM di Alun – Alun Pemalang. Kegiatan bazar memperingati HUT Pemalang ini digelar selama 3 hari, yakni sejak tanggal 25 Januari 2024 hingga 27 Januari 2024. Expo dihadiri oleh Bupati Pemalang yang memberikan sambutan sekaligus melihat produk UMKM dari Pemalang.

Guna memeriahkan kegiatan HUT, Pemkab mengundang sejumlah UMKM untuk menghadiri expo pameran produk dari UMKM yang ada di Pemalang. Salah satunya adalah UMKM Keripik Barokah dari Dusun Kalilanang, Desa Payung. UMKM Keripik Barokah merupakan salah satu UMKM unggulan dari Desa Payung yang memproduksi keripik pisang dan keripik bawang.

Menjembatani acara tersebut, tim KKN UNSOED mengkoordinasikan UMKM Keripik Pisang agar dapat mengirimkan dan memasarkan produknya pada Expo HUT Pemalang. Diawali dengan sosialisasi adanya Expo HUT, hingga membawa produk ke expo dan menjualnya. Melihat penjualan Keripik Barokah pada Expo HUT Pemalang, menandakan bahwa Keripik Barokah telah mampu untuk bersaing dengan produk-produk UMKM lainnya.

Penjualan produk dari Keripik Barokah terbilang cukup memuaskan. Mengingat harga jual yang sangat terjangkau dan dibarengi dengan kualitas dan rasa produk yang memukau, menjadikan produk dari Keripik Barokah sukses terjual pada Expo HUT Pemalang. Tidak hanya fokus untuk menjual produk, tim KKN bersama Keripik Barokah juga mengamati produk dari UMKM lain agar dapat menjadi inspirasi guna mengembangkan produk menjadi lebih baik.

Hal ini selaras dengan penuturan Bapak Teguh saat kami wawancara tempo hari, “…Yaa, Saya rasa, usaha yang baik itu harus mau untuk mendengarkan apa mau dari pasar, kalua tidak ya jelas produk kita ga laku.”  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *