Berita,  KKN 2017,  SDN 02

Upaya Peningkatan Usaha Kesehatan Sekolah oleh KAMUS

Simulasi penanganan pingsan saat upacara

Kamis, 19 Januari 2017. Tim KKN I Reguler Desa Payung Bodeh- Pemalang menjalankan salah satu program monodisiplin di SDN 02 Payung. Letak sekolah tersebut di Dukuh Kali Lanang, berjarak 3 KM dengan keadaan jalan yang cukup mengesankan. Kondisi jalan yang penuh lumpur setelah hujan, aspal telah habis terkelupas. Seminggu sebelum mengadakaan program, tim telah berkoordinasi dan mengurus perizinan ke pihak sekolah. Kepala Sekolah dan segenap guru menerima dengan kooperatif usulan program dari kami.

P3KK oleh KAMUS (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan oleh Kader Mungil Usia SD). Kegiatan ini merupakan program monodisiplin yang dirancang oleh mahasiswa keperawatan. Peserta berjumlah 48 siswa terdiri dari kelas 3, 4 dan 5 belajar bersama mengenai penangan pada kecelakaan kecil seperti mimisan, pingsan saat upacara, luka gores dan bengkak. Selain pemaparan mengenai materi, juga dilakukan simulasi serta game. Game tersebut berupa diskusi, dimana 1 mahasiswa masuk ke kelompok- kelompok kecil yang berjumlah 5-6 siswa, kemudian setiap siswa mendapat 1 kertas berupa pertanyaan mengenai pertolongan pertama serta siswa wajib menjawab pertanyaan tersebut dengan menyampaikan ke teman- teman yang lain didalam kelompok. Sebelum kegiatan diskusi pemaparan materi dilakukan, peserta dilempari pertanyaan mengenai UKS ( Kepanjangan UKS, serta fungsi) serta cara penanganan mimisan, pingsan, luka gores dan bengkak. Sebagian besar dari mereka tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut, padahal dibagian depan sekolah terdapat palang UKS. Penanganan mimisan sebagian mereka menjawab dengan memakai daun sirih untuk menghentikan perdarahan, kompres dengan abu hangat untuk menangani bengkak, dsb.

Melalui kegiatan ini, diharapkan teman- teman SDN 02 Payung berani mengemukaan pendapat dan dapat mengaplikasikan cara penanganan kecelakaan kecil seperti mimisan, pingsan saat upacara, luka gores dan bengkak dalam kehidupan sehari- hari. Kegiatan ditutup setelah game, kemudian penyerahan hadiah bagi peserta yang aktif dan mampu memberikan pendapatnya didalam forum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *